Gigitan Ikan Haluskan Kulit


Jika selama ini Anda terbiasa menghaluskan kulit kaki dengan batu apung, cobalah sensasi gigitan ikan gararufa yang menghaluskan kulit dan melancarkan peredaran darah.
Pantas saja bila ikan gararufa kerap disebut “the living pumice stone” (batu apung hidup). Jika umumnya ikan kecil memakan plankton, gararufa ternyata doyan menyantap kulit manusia yang sudah kering atau mengelupas.


Tak heran, ikan yang habitat asalnya di Turki ini pun lantas “dilirik” pebisnis spa dan terapi kesehatan. Maka muncullah istilah fish spa (spa ikan), sebuah terapi alternatif dimana ikan bekerja sebagai dokter bagi manusia.

Di Indonesia, fish spa menjadi buah bibir sekitar awal tahun lalu. Kini, spa ikan dapat ditemui di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Sebut saja Kenko Reflexology and Fish Spa yang baru saja meresmikan layanan spa ikan yang dinamakan “Doctor Fish”. Dengan demikian, outlet Kenko di lower ground Senayan City Jakarta ini merupakan fish spa pertama di Indonesia yang berlokasi di dalam mal.

PT Kenko Mahayana selaku pengelola Kenko di Indonesia rupanya cukup jeli melihat peluang. Selepas berbelanja atau berkeliling di dalam mal, tentunya pengunjung merasakan kakinya lelah atau pegal. Nah, dengan melakukan fish spa, kaki menjadi rileks sekaligus halus.

“Perawatan dengan manicure dan pedicure biasanya hanya terbatas pada kutikula kaki. Fish spa ini lebih bagus karena mencakup kaki hingga betis,” ungkap Asisten Manajer Operasional PT Kenko Mahayana, Fillya Hanna Muntu.

Wanita yang akrab disapa Fillya itu optimis spa ikan bakal menarik minat lebih banyak kalangan. Tak hanya kaum hawa yang hobi merawat diri, pria yang acap kali malas nyalon pun niscaya “ketagihan” dengan sensasi gigitan ikan gararufa.

Berbeda dengan spa biasa yang terkesan lama dan membuat konsumen “terisolasi” dalam satu ruangan, spa ikan hanya memakan waktu 30 menit dan dapat dilakukan beramai-ramai bersama keluarga, pasangan, atau sahabat.

Caranya pun mudah, cukup celupkan kaki sebatas lutut ke dalam kolam berisi ribuan gararufa. Tanpa dikomando, ikan-ikan mungil ukuran 7 sentimeter itu menyerbu dan mematuki kulit mati di sekitar kaki hingga betis. Awalnya mungkin geli, lama-kelamaan terasa nyaman. Ada pula yang merasakan sensasi seperti “kesemutan”atau “nyetrum”.

Cobalah juga merenggangkan jari, si gararufa paling suka ngemil kulit di sela-sela jemari kaki ini. Dan jangan bayangkan ikan piranha bergigi runcing, gararufa ini tak bergigi sehingga aman bagi anak kecil dan orang berkulit sensitif sekalipun. Sungguh ajaib, tanpa lotion ataupun pijatan terapis, kaki jadi halus laksana kulit bayi.

Menurut Dr Jimy Tan yang berpengalaman 18 tahun menangani 13 outlet Kenko di Singapura, fish spa tak hanya efektif mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru, juga melancarkan peredaran darah sehingga bagus untuk pencegahan atau terapi penyakit jantung. Selain itu, efek micro massage membantu meredakan stres.

“Di Singapura, spa ikan sudah digunakan untuk seluruh tubuh. Hasilnya, kulit menjadi bersih,” ujar Jimy seraya mengungkapkan bahwa metode perawatan kulit dengan terapi ikan telah digunakan beberapa dekade silam di Turki.

Manfaat lain dari spa ikan adalah mengurangi gatal dan tapak bekas luka di kaki. Alhasil, terapi ini bagus untuk orang dengan gangguan kulit seperti eksim, neurodermatis, bahkan psoriasis. Namun, Anda yang berkulit sehat tak perlu khawatir tertular penyakit dari konsumen lain. Sebelum mencelupkan kaki, seorang staf akan melakukan “penyensoran” dengan mencuci kaki konsumen sampai bersih. “Jika terdapat luka juga akan diplester dulu,” sebut Fillya.

Unsur higienisitas kolam spa ikan juga sangat diperhatikan. Baik dari segi sirkulasi air,maupun fasilitas lampu sinar ultraviolet dan filtrasi pasir yang menyaring sisa kotoran, virus,dan bakteri untuk menjamin kejernihan air. “Kami juga memakai terapi ozon untuk menghancurkan kotoran cair seperti keringat, urea, dan darah menjadi oksigen dan air murni,” kata Jimy.

Di Kenko Reflexology and Fish Spa Senayan City, terdapat lima kolam khusus fish spa yang dinamakan “indulgence pond”. Satu kolam berisi 2.000-5.000 gararufa. Atmosfer hangat dan santai terbangun melalui desain ruangan berlantai kayu dengan pencahayaan lembut. Selagi kaki dimanjakan patukan lembut gararufa, Anda bisa membaca atau berbincang santai dengan orang di sebelah Anda. Bagi yang berminat, silakan nikmati sensasi spa ikan seharga Rp120.000 per 30 menit. Untuk anak-anak, cukup membayar separuh harga.


Sumber : Sindo, http://lifestyle.okezone.com/

0 Response to "Gigitan Ikan Haluskan Kulit"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme